KONSENTRASI

KONSENTRASI

  1. Manajemen Keuangan

Mata kuliah ini menjelaskan tentang tujuan dan keputusan–keputusan keuangan, dan penerapannya dalam perusahaan. Pembahasan dimulai dari penggunaan informasi akuntansi untuk membahas kondisi dan kinerja keuangan, diikuti dengan pembicaraan keputusan–keputusan keuangan jangka pendek (modal kerja). Kemudian dibahas tentang keputusan investasi, baik untuk perusahaan yang mempunyai satu unit bisnis maupun banyak unit bisnis, kebijakan deviden, kebijakan pendanaan (termasuk berbagai jenis pendanaan dan pasar modal) dan interaksinya dengan keputusan investasi. Pembahasan diakhiri dengan perencanaan keuangan, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Tujuan mata kuliah ini adalah memahami berbagai konsep yang relevan dalam keputusan investasi, kebijakan deviden, dan keputusan pendanaan. Juga diharapkan mahasiswa mampu menggunakan berbagai teknik analisis, baik yang menyangkut keputusan–keputusan keuangan, maupun untuk memahami kondisi keuangan perusahaan dan perencanaan keuangan.

2. Manajemen Operasional

Perkembangan dunia bisnis dewasa pada ini semakin menuntut pelaku bisnis untuk memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Berbagai topik yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah managing operations, disigning the conversion system, organizing the conversion system serta dynamics of operation management. Adapun tujuan mata kuliah ini adalah bahwa setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep manajemen operasi, mampu menganalisis sistem konfersi/operasi serta dapat menerapkan teknik manajemen operasi untuk meningkatkanproduktivitas perusahan.

3. Manajemen Sumber Daya Manusia

Mata kuliah ini memberikan pemahaman berbagai konsep, dan teknik perencanaan, penarikan, pelatihan, pengembangan dan pendayagunaan sumber daya manusia organisasi. Pusat bahasa adalah berbagai pengaruh praktek dan kegiatan manajemen sumber daya manusia terhadap kinerja (performance) dan produktifitas tenaga kerja. Pengetahuan tentang manajemen sumberdaya manusia. Aplikasi materi buku teks dan kuliah akan dilakukan melalui analisis kasus. Apapun tujuan mata kuliah ini adalah: (1) Untuk memahami konsep teoritis, metode dan teknik manajemen sumberdaya manusia, (2) Untuk mengembangkan cara berpikir kritis (analitis dan integratif) dalam mengevaluasi dan menggunakan berbagai konsep, metode dan tehnik tersebut dalam berbagai situasi pengambilan keputusan; (3) Untuk melatih penerapan manajemen sumberdaya manusia melalui pelatihan pemecahan kasus.

4. Manajemen Pemasaran

Mata kuliah ini dirancang untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep manajemen pemasaran secara menyeluruh. Oleh karena itu setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menggunakan dasar-dasar analisis yang diperoleh untuk pengambilan keputusan pemasaran. Topik-topik bahasan dalam kuliah akan mencakup antara lain: pengertian pemasaran, perilaku konsumen, sistem informasi dan riset pemasaran, bauran pemasaran dan beberapa topik khusus dalam
pemasaran.


X